SIAPA TAKUT BERNYANYI?

Posted by Admin Cantate On December - 2 - 2015 Comments Off on SIAPA TAKUT BERNYANYI?

Bagi sebagian orang, bernyanyi adalah sebuah kegiatan untuk melampiaskan perasaan. Dengan bernyanyi, orang bisa mengungkapkan kegembiraan, mencairkan kegalauan, mengurangi kesedihan dan menyalurkan hobi. Bagi saya, bernyanyi itu bisa mengurangi stress, meningkatkan mood dan membuat hari lebih menyenangkan.

Gak percaya? Coba deh kita simak cuplikan manfaat bernyanyi dari rangkuman beberapa artikel di bawah ini. Tanpa kita sadari, ternyata  banyak lho yang bisa kita dapat dari  bernyanyi. Ini bukan akal-akalan saya, tapi ini adalah kata para ahli. Apa sajakah itu?

1. Me-release hormon endorfin dan oksitosin
Apa sih endorfin dan oksitosin itu? Endorfin merupakan hormon yang meningkatkan perasaan euforia dan gembira sedangkan Oksitosin juga dikenal sebagai hug hormone (“hormon berpelukan”) karena dilepaskan ketika orang sedang bercinta. Diketahui, hormon tersebut dapat mengurangi stress dan kecemasan.  Nah, kalau hati kita gembira, maka akan meningkatlah kedua hormon tsb sehingga kita akan merasa “lebih baik” secara umum dan menurunkan rasa sakit yang mungkin sedang kita rasakan.

IMG-20151003-WA016

2. Meningkatkan fungsi kognitif
Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa beberapa penyanyi dan musisi memiliki IQ lebih tinggi dari non-musisi. Jangan heran kalau musisi itu pada kreatif-kreatif, soalnya menyanyi memang merangsang kerja otak kanan kita. Dari penelitian itu, disimpulkan bahwa bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak kita dan membantu kita berpikir sedikit lebih jernih.

3. Memperpanjang angka harapan hidup
Sebuah studi dari Yale dan Harvard University secara bersamaan menunjukkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan angka harapan hidup karena memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Penelitian tsb dilakukan pada beberapa orang yang ikut anggota paduan suara, dimana mereka ternyata mempunyai pikiran dan perasaan yang lebih sehat dan bahagia.

4. Menurunkan tekanan darah
Ada beberapa studi kasus yang telah mengungkapkan bahwa menyanyi dapat menurunkan tekanan darah karena efek menenangkan dan relaksasi. Pasien bertekanan darah tinggi telah mampu menenangkan diri mereka dan tekanan darah mereka turun setelah mereka bernyanyi lagu kesukaan mereka.

5. Melatih otot
Teknik pernapasan dalam bernyanyi yang benar berasal dari diafragma. Teknik ini dapat memperkuat otot-otot perut dan punggung. Kita juga melatih otot2 wajah kita dengan cara yang unik ketika kita bernyanyi, yang dapat membuat wajah kita terlihat lebih energik dan hidup. Kelompok otot yang berkontraksi di antara tulang rusuk, yang membentuk dan memindahkan dinding dada kita akan menerima cukup latihan ketika kita menyanyi.

6. Meningkatkan empati dan pemahaman antar budaya
Musik dapat membantu semua orang untuk merasa terhubung dengan seluruh umat manusia, bahkan dengan budaya yang berbeda. Menyanyikan lagu-lagu yang berasal dari budaya lain dapat memberikan apresiasi baru untuk budaya mereka dan membantu kita ber-EMPATHY dengan orang lain.

7. Baik untuk kesehatan jantung & paru-paru
Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Latihan vokal melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung). Ketika kita bernyanyi, kita secara alami duduk atau berdiri tegak untuk mendapatkan suara yang lebih baik. Menyanyi juga meningkatkan kapasitas paru-paru dan membantu kita untuk bernapas sedikit lebih longgar. Bernyanyi juga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang karena aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh

8. Menciptakan rasa komunitas & mempererat persahabatan
Bernyanyi di paduan suara atau bernyanyi di setiap jenis kelompok dengan orang lain bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan meningkatkan jalinan pertemanan. Ini memberi kita kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan sekelompok orang. Ada beberapa penelitian yang telah menunjukkan, bernyanyi di paduan suara akan menurunkan depresi pada banyak orang dewasa. Menyanyi bersama orang lain, baik berduaan, trio maupun bawa orang sekampung kayak di film India, bisa meningkatkan hubungan emosional dan kekompakan diantara para anggotanya.

Cantate-KP14

9. Membantu menyembuhkan Parkinson
Banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana menyanyi dapat meningkatkan kesehatan pasien yang menderita penyakit Parkinson. Menyanyi dapat meningkatkan kontrol vokal dan melatih otot tenggorokan pada pasien. Bahkan ada beberapa studi yang menunjukkan musik dapat membantu pasien mendapatkan kembali keseimbangan mereka.

10. Meningkatkan memori
Menyanyi mengharuskan Anda untuk menggunakan memori kita untuk mengingat lirik lagu, notasi dan irama. Jadi secara tidak langsung, ini adalah salah satu cara terbaik untuk melatih otak kita agar berfungsi dengan baik saat usia kita lanjut nanti.

11. Memperluas pergaulan
Katakanlah kalian punya akun Soundcloud atau YouTube. Coba deh, upload hasil rekaman kalian ke sana. Dengan luasnya jaringan kedua website audio dan video sharing itu, suara kalian bisa didengar sama orang dari berbagai belahan dunia. Lumayan kan, bisa jadi salah satu media buat temenan sama bule nun jauh di sana? Hehehe! Atau siapa tau dari iseng-iseng nggak berhadiah upload rekaman di sana, kamu bisa jadi artis YouTube kayak Isyana Sarasvati, Sam Tsui, Mike Tompkins, Tayler Ward, dll. Siapa tahu hidupmu jadi berubah?

12. Ajang untuk menyalurkan aspirasi kita
Sebagai makhluk sosial, tentu kita pengen suara kita didenger. Entah karena kita peduli dengan isu-isu tertentu, curhat, niat ngelucu, atau sekedar pengen eksis aja. Beberapa lagu ini mungkin bisa jadi inspirasi: lagu-lagu Iwan Fals yang menyindir para wakil rakyat seperti “Wakil Rakyat”, “Bento”, juga parodi lagu “What Makes You Beautiful” dari One Direction yang berisi keprihatinan akan kondisi Jakarta dan ajakan untuk memilih Jokowi-Basuki pada pilgub Jakarta 2012 lalu, atau bisa juga lagu berlirik jenaka yang biasa dibawakan oleh Project Pop.

13. Meningkatkan sistem imun tubuh
Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung. Beberapa latihan vokal yang membantu menyehatkan badan adalah sbb :

* Menyanyikan vokal (suara) e panjang dapat menstimulasi kelenjar pineal, kelenjar yang mengontrol jam biologis tubuh manusia dan dapat meningkatkan kewaspadaan.

* Menyanyikan suara e pendek dapat menstimulasi kelenjar tiroid yang dapat mensekresi hormon yang mengatur kecepatan sistem pencernaan dan sistem lain dalam tubuh.

* Menyanyikan suara o panjang di lautan dapat menstimulasi pankreas yang mengatur gula darah. Hal ini berarti menyanyi juga dapat menurunkan kadar gula darah.

* Menyanyikan suara double O (O dua kali) dapat memperkuat imunitas dan mengaktifkan limpa yang mengatur produksi sel darah putih.

IMG-20151004-01843

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bernyanyi. Kalau ditulis disini, mungkin tak akan cukup tempatnya. Meski demikian, bukan berarti karena kita suka bernyanyi lantas kita tidak memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang baik. Tidak! Menjaga gaya hidup sehat itu tetap nomer satu, dan jika ditambah dengan hobi bernyanyi, maka itu akan menambah nilai plus bagi kalian.

Untuk kalian yang tidak dikaruniai suara yang indah, tidak perlu takut dan kawatir karena perkara fales atau sumbang itu bukan alasan untuk takut bernyanyi. Kalian masih bisa bernyanyi di kamar mandi atau di kamar tidur dengan bersenandung saja. Jadi gak perlu malu! Kalau hati senang dan badan sehat, kita sendiri yang akan merasakannya bukan? Palingan orang sekitar akan tutup kuping atau menyingkir. Kalau sampai kena caci maki, anggap saja itu bonus! hahahaa….!!

Nah, tunggu apa lagi? Kalau kalian bisa membaca notasi, bergabunglah dengan kelompok paduan suara atau mencoba peruntungan di dunia tarik suara yang lain. Dengan latihan yang benar dan gaya hidup yang sehat,  kalian pasti ini akan melangkah lebih maju menuju kesehatan jiwa dan raga.

Selamat bernyanyi !!!

 

kontributor : Fortunata Iin H. (Copas dari berbagai sumber)

Comments are closed.

Sponsors