Jadikan Kami Saluran BerkatMu (Puncak Perayaan Tahun Syukur KAJ 2011-2015)

Posted by Admin Cantate On November - 12 - 2015 Comments Off on Jadikan Kami Saluran BerkatMu (Puncak Perayaan Tahun Syukur KAJ 2011-2015)

Haii… haii…. apa kabar? Haduh! Rasanya lama banget nih gak update berita di sini. Sebenarnya banyak lho kegiatan Cantate Oktober-November ini, cuma….. gara-gara ada kesibukan lain yang amat sangat menyita waktu, saya gak sempat menuliskannya. Nah, berhubung tiba-tiba Cantate ditunjuk untuk mengisi acara yang lumayan buesarrr di tingkat KAJ, saya sempatkan ngasih intipannya sedikit ya. Acara apa sih?

Seperti yang kita tahu, tahun ini adalah tahun terakhir dari pelaksanaan Arah Dasar (Ardas) KAJ 5 tahun periode 2011-2015 yang berarti bahwa tahun depan Ardas-nya akan ganti ke Ardas 2016-2010. Karena sebab itu maka pada tanggal 7 November 2015, KAJ menyelenggarakan sebuah event yang menurut saya berukuran sangat besar karena melibatkan lebih dari 10.000 umat KAJ, bertempat di Hall A JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Acaranya macam-macam dan berdurasi melelahkan. Betapa tidak!! Kalau kita baca agenda acaranya, hajatan tsb dimulai jam 09 pagi dan baru akan selesai jam 06 sore. Ya ampun!! Apa saja sih agendanya? Ini nih……

PTSy KAJ-2015Panjang banget kan? Kalau penasaran, kalian juga bisa lihat liputannya di http://livetv.kaj.or.id

Nah, apa yang dilakukan Cantate Choir dalam acara tsb? Yang pasti sih menyanyi! Kok gak ada di agenda acara ya? Gini lho ceritanya….

Sekitar 2 minggu sebelum hari H, Ibu Hana Prihanto menghubungi mas Slamet selaku dirigen Cantate dan menawari apakah Cantate bersedia menyanyikan lagu pilihan Juri lomba Cipta Lagu OMK KAJ 2015 pada Event penutupan Tahun Syukur KAJ di Kemayoran?

“Selain nanti akan ditonton Bapak Uskup Mgr Suharyo dan beberapa Uskup Undangan lain, nanti kalian ditonton ribuan orang lho. Dan perlu kalian ketahui, acara ini akan dihadiri oleh Bapak Gubernur kita Bapak Ahok.”

Gleg!! Sejenak wajah mas Slamet memucat. “Berapa lagu bu?”

“Cantate dapat jatah dua lagu, mas,” tandas bu Hana. “Sebenarnya total lagu ada 4, tapi yang 2 lagi sudah diserahkan ke Paroki lain. Sorry ya kalau waktunya mepet karena awalnya Panitia memang tidak mengagendakan acara ini. Perlu mas ketahui, hasil dari Lomba Cipta lagu ini sebenarnya baru akan diumumkan pertengahan November nanti. Tapi, karena kami ingin agar umat bisa memilih lagu terfavoritnya maka daripada pasang di youtube yang pasti akan memakan waktu lama, kami memutuskan menyisipkannya sebagai pengisi waktu selagi makan siang. Nanti umat akan diajak memilih lagu dengan mengirim sms atau whatsapp, melalui twitter juga bisa sih.” Bu Hana yang merupakan salah satu Juri Lomba ini menjelaskan panjang lebar.

“Oh, gitu ya bu? Kapan kami bisa mendapatkan teks-nya?” tanya mas Slamet.

“ehh…….. ?!” Ternyata teks nya belum ada karena sedang diaransemen Rm Sutanto dan ibu Hana. Loh? gimana dong?

“Nanti deh pasti akan segera saya serahkan,” janji bu Hana, “lagunya sederhana kok, mas.”

Meski rada ragu-ragu, mas Slamet pun berjanji pada bu Hana untuk membicarakan tawaran tsb dengan anggota.

Selesai tugas manten tgl 24 Oktober siang, mas Slamet serta Pengurus minta pendapat anggota. Ternyata sebagian besar anggota Cantate bersedia menerima amanat itu. “Yaahh, itung-itung buat nambah pengalaman dan uji nyali,” begitu ujar anggota.

Lalu, dibukalah kalender untuk menentukan hari latihan…. cari … cariii…. cariii…..dan… wow! Ternyata 2 minggu ke depan yaitu  tgl 1 Nov & tgl 8 Nov sudah ada jadwal tugas yang berarti Sabtu sebelum tanggal tsb kita mesti mempersiapkan diri khusus utk tugas terdekat.

“Kita cari hari lain deh…,” usul anggota.

Setelah mentok sana sini, akhirnya ditemukanlah tgl kosong yaitu tgl 26 Oktober untuk latihan pertama. Siang sebelum hari latihan, kami menerima 1 teks dan baru tgl 29 pada latihan kedua kami mendapatkan lagi 1 teks yang masih fresh dari oven alias baru selesai diaransemen. Teks nya bener-bener hangat karena baru diangkat dari mesin fotocopy, hahahaha……

20151029-PTSY KAJ-01

Tiba-tiba, pas tanggal 4 Nov kami dikasih tahu kalau ternyata kelompok koor Komunitas Dirigen KAJ (yang menggantikan tugas Paroki yang satu lagi karena mengundurkan diri)  kekurangan orang jadi kami diminta untuk siap membantu bergabung dan menyanyikan 4 buah lagu. Waaa…… dua lagu saja sudah bikin stress kok ini malah 4 lagu? Mana Romo Tony juga nitip pesen agar kami menyanyi dengan baik karena membawa nama Paroki Rawamangun?

“Jangan sampai malu-maluin ya,” pesannya berkali-kali.

“Gakpapa, dengan begini kita malah makin mantap menjadi saluran berkat bagi umat yang mendengarkan dan menyaksikan kita,” hibur seorang anggota.

“Kasihan bu Hana yang sudah pontang-panting nyariin kelompok koor yang bersedia,” imbuh yang lain.

Yawis lah! Apa boleh buat? Tetep semangaaaaaatttt!!

Jumatnya kami GR di Kemayoran. Lumayan capek karena baru bisa nyoba sound-nya jam setengah 11 malam. Kayak gini nih suasana panggung yang akan kami tempati esok harinya.

20151106-PTSY KAJ-01

Akhirnya hari H pun tiba……..

Jam setengah 8 kami sudah siap di Gereja. Sebelum berangkat ke Kemayoran kami pemanasan dulu di ruang Martinus.

20151107-PTSY KAJ-05

Ini foto setelah pemanasan ketika mau berangkat naik bus sewaan.

20151107-PTSY KAJ-01

Dan…. seperti inilah penampilan kami ketika berada di panggung, …. gak kelihatan kan? kayak bayangan semut hitam… wkkkkk…wkkkk!!

20151107-PTSY KAJ-02

Harap maklum saja kalau jadinya kurang kompak, masalahnya sebagian besar dari anggota koor komunitas dirigen KAJ gak pernah ikut latihan, 3 jam sebelum kita maju  tiba-tiba bergabung. Memang sih mereka itu pakar-pakar, tapi….. namanya paduan suara kan harusnya latihan memadukan suara dulu ya? Apalagi ruangan tempat manggung kami sangat luas dan dipenuhi ribuan umat? Hasilnya ketika lagu pertama, suara satu dengan yang lain gak terdengar jelas sehingga suaranya sedikit kejar-kejaran. Mungkin karena agak grogi juga sih.  Tapi ya sudahlah…. yang penting kami sudah berusaha semaksimal mungkin terbukti lagu ke-2 sampai lagu ke-4 berhasil kami nyanyikan dengan cukup baik. Plong sekali rasanya begitu turun dari panggung.

Yang ini gaya kami sebelum dan sesudah naik ke panggung.

20151107-PTSY KAJ-03

20151107-PTSY KAJ-04

Thanks God! Semoga pelayanan kami mampu menjadi saluran berkat untuk banyak orang. (fih)

 

 

 

Comments are closed.

Sponsors