Mayoritas orang Kristen pasti tahu apa itu Pesparawi atau pesta Paduan suara Gerejawi. Mendengar kata Pesparawi, kita pasti langsung membayangkan sebuah acara megah dan berkelas yang melibatkan banyak kelompok peserta. Namanya juga pesta, maka sudah selayaknya kita turut bergembira di dalamnya.

pesparawi13-1

Baru-baru ini, digelar Pesparawi Mahasiswa tingkat Nasional UKI ke XIII yang diselenggarakan di Jakarta, tepatnya di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 29 September – 4 Oktober 2014. Tema yang diambil adalah “Menyanyilah bagi Tuhan, pujilah namaNya, karena Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa (Maz 96:2a; Petrus 4:11c). Dengan terselenggaranya acara tsb, diharapkan agar semua pihak terus bertakwa dan beriman serta memuji kebesaran nama Dia Sang Pencipta dan kita yang datang dari berbagai suku, ras, bahasa, dan bahkan agama yang berbeda-beda di Indonesia dapat menjunjung tinggi rasa pesaudaraan dan persatuan sebagai Warga Negara Indonesia. Pesparawi Mahasiswa Tingkat Nasional ke XIII diikuti oleh 40 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang berasal dari 16 Propinsi di Indonesia dan dibagi dalam 3 group A, B dan C. Kategori yang dilombakan adalah : 1) Musica Sacra, 2) Spiritual / Gospel, 3) Folkfore.

Lagu-lagu yang termasuk dalam kategori Musica Sacra antara lain adalah : Sicut Cervus, Ave Maria-Javier, O Salitaris Hostia, Alleluia-Ralph Manuel, Toki Gong. Lagu untuk Gospel antara lain : Hear My Prayer, Wade in the Water, I Couldn’t hear nobody Pray, I Can Tell the World, Elijah Rock. Sedangkan lagu Folklore terdiri dari 1 lagu daerah asal peserta ditambah lagu pilihan dari berbagai daerah, antara lain : Soleram, O Ina ni keke, Surilang, Toki Tifa, Yamko Rambe Yamko, Arbab, Sik Sik Batu Manikam, dll.

Dewan Juri dalam acara tsb adalah : Dr. Andre J.Thomas dari Florida Atate University-USA, Dr. Eui Yoong Jon dari Hansei University-Korea, Aida Swenson, Ronald Pohan dan Dr, Mauly Purba.

Dalam Pesparawi ini, saya berkesempatan menyaksikan penampilan 13 peserta Group B kategori Folklore pada Jumat malam 3 Oktober lalu. Wow…. Semua peserta tampil dengan sangat baik dan memukau. Penonton pun tak sedikit yang terkagum2 menyaksikan penampilan mereka. Tepuk tangan membahana selalu terdengar di sela-sela penampilan peserta.

pesparawi13-2

pesparawi13-10

Coba tengok penampilan dari Kalimantan, Maluku, Papua, Jakarta, Surabaya, Manado, Palembang, Medan…. Mereka berlomba-lomba memamerkan kebolehan mereka dalam menyanyi dan menari.

pesparawi13-3

Lihatlah pula berbagai kostum daerah warna-warni yang dipamerkan peserta, begitu pula koreografi yang indah tak ketinggalan menemani penampilan mereka. Ada yang sampai pakai gaya tidur2an di lantai panggung, ada yang diusung di atas pundak temannya, ada lagi yang model berpasangan….. macem2 deh pokoknya.

pesparawi13-6

Alat musik yang mereka usung pun kebanyakan music daerah. Saya nggak tahu apa nama alat musiknya, tapi ada yang seperti peluit suara burung, kendang, tifa, gamelan dll. Pokoknya buagus banget deh.

pesparawi13-5

pesparawi13-11

Ada pula yang teknik menyanyinya menirukan suara orang pedalaman yang cempreng, ditimpali jeritan2 khas yang melengking ….. indah banget deh. Belum lagi asksesoris yang mereka gunakan, macem2 dan aneka warna/ bentuk. Wah… wah… wah… Sungguh, betapa kayanya budaya Indonesia!

pesparawi13-4

pesparawi13-12

Saya jadi makin mensyukuri keanekaragaman kekayaan budaya Indonesia. Benar2 sebuah pesta paduan suara yang besar dan hebat!! Baru melihat 1 Kategori dan 1 Group saja, saya sudah terkagum-kagum… apalagi kalau menyaksikan semuanya ya? Gak bakalan nyesel deh! Entah berapa besar dana yang keluar untuk acara ini. Betul2 salut deh untuk panitianya!!

pesparawi13-9

pesparawi13-8

pesparawi13-7

Pengumuman pemenang dilaksanakan pada Malam Penutupan tgl 4 Oktober 2014. Dari jumlah medali dan nilai tertinggi yang diperoleh, keluarlah juara umum yang mendapatkan piala championship yaitu dari UKI Maluku. Pesparawi selanjutnya akan diselenggarakan 2 tahun lagi di Medan.

Semoga dengan penyelenggaraan Pesparawi, nama Tuhan semakin dimuliakan! (fih)

 

Kontributor : Fortunata Iin H. (Cantate Choir)

 

2 Responses so far.

  1. adi nugroho says:

    Salam damai sejahtera… Apakah ibu mmpunyai teks lgu “jadikan aku istana hatiMu” krya bpk putut…klo da blehkah d krimkn k email sya.tk. Tuhan mmberkati

    • Admin Cantate says:

      Salam sejahtera juga Sdr.Adi,

      Maksudnya “Jadikan hatiku istana cintaMu” bukan? Teks akan kami kirimkan melalui japri.
      Tks

Sponsors