SAMPAH PEMBAWA BERKAH

Posted by Admin Cantate On January - 5 - 2015 Comments Off on SAMPAH PEMBAWA BERKAH

Di akhir bulan Desember 2014 lalu, halaman gereja Keluarga Kudus Rawamangun kelihatan semakin semarak karena lebih dari selusin pohon Natal terlihat berjajar menghiasi halaman. Lho, emang gereja kita kurang dana kah sampai-sampai jualan pohon Natal? Atau jangan-jangan pohon-pohon itu adalah sumbangan yang berlebih dari umat? Atau pohon-pohon itu sengaja dipajang untuk maksud lain?

GKK-20141223-pohon07

Wah… ternyata memang di bulan Desember 2014 ini, paroki Keluarga Kudus Rawamangun tengah mengadakan lomba membuat pohon natal berikut ornamennya yang berpuncak pada tanggal 23 Desember 2014. Dari jauh, pohon-pohon Natal itu terlihat keren dan glamour. Lampu warna-warni dan berbagai hiasan cantik bertengger di atasnya. Kalau ditaksir, harganya tak kalah mahal dengan yang bisa kita beli di toko-toko. Dengan tinggi antara 100-150 cm, harganya bisa mencapai lebih dari Rp.1jt.

GKK-20141223-pohon03

Begitu kita mendekat, kita akan lebih berdecak kagum karena ternyata pohon-pohon tsb adalah daur ulang dari barang bekas. Wah…. pintar-pintar sekali lho para peserta membuatnya.

GKK-20141223-pohon02

Lihat saja detailnya : ada yang menggunakan tas plastik kresek warna-warni, ada yang menggunakan botol-botol air mineral, bekas bungkus kopi sachet, kaleng softdrink, sedotan, kulit jagung, biji jengkol dan ada pula yang menggunakan bekas bungkus makanan stereofoam. Macam-macam deh… kreatif bener mereka.

Menurut Rm Tony MSF selaku Pastor Kepala Paroki, lomba ini bertujuan untuk ikut mendukung pelestarian lingkungan. Tidak semua sampah itu harus dibuang tapi sampah bisa menjadi berkah bagi yang tahu cara mengolah dan memanfaatkannya.

GKK-20141223-pohon05

Lomba diikuti oleh 15 kelompok peserta yang terdiri dari kategori Sekolah dan kategori Umum. Berdasarkan ketentuan, maka peserta diharapkan mengirimkan juga dokumentasi proses pembuatan Pohon mulai dari Desain dekorasinya, pengumuman sosialisasi ke Umat (rapat pra pembuatan Pohon), pengerjaan dan keterlibatan peserta serta pengerjaan akhirnya.

GKK-20141223-pohon06

Pemenang Lomba ini adalah sbb :
1. Kategori Sekolah
Juara 2. SMP tarki 4
Juara 1. Sekolah Budaya

2. Kategori Umum
Juara Harapan 2 : Wilayah Paulus
Juara Harapan 1 : Guru-guru KB & TK Tarakanita 5
Juara 3. WKRI
Juara 2. Lingkungan St. Lidwina Cipinang Elok 1
Juara 1. Wil yoseph

Juri terdiri dari beberapa orang antara lain : Ibu Wiwik, Ibu Mona, Rm Rinata MSF, wakil OMK dan Wakil dari Seksi Lingkungan Hidup.

GKK-20141223-pohon04a

Kalau gak salah, pemenang lomba ini akan diikutsertakan dalam Lomba Dekorasi Natal KAJ 2014.

Selain Lomba pembuatan Pohon Natal, beberapa kelompok Kategorial juga menghias lingkungan Gereja dengan berbagai macam kreasi daur ulang barang bekas yang sungguh indah. Lihatlah! Pelataran samping Gereja berubah menjadi sebuah Taman Natal lengkap dengan orang-orangan Salju, Kereta Salju berikut Sinterklas di dalamnya, bunga-bunga hiasan warna-warni, dll. Kalau sore, Taman tsb menjadi makin semarak dengan lampu-lampunya kerlap-kerlip yang menyala. Di bagian depan Gereja, digantungkan pula bentuk-bentuk Malaikat dan hiasan lain.

GKK-20141223-pohon01

Gak ketinggalan pula hiasan altar di dalam Gereja. Di situ terlihat Pohon Natal Raksasa yang dibuat dari kertas koran. Baguusss banget!!

GKK-20141223-pohon08

Gua Natalpun dibuat dari Kertas Koran bekas.

GKK-20141223-pohon10

Wah, pokoknya Natal tahun 2014 di Gereja Keluarga Kudus Rawamangun kelihatan beda dengan Natal tahun-tahun sebelumnya. Seneng deh berada di sekitarnya! Meskipun semua hiasan dibuat dari barang bekas, ternyata keindahannya tidak kalah dengan hiasan mahal buatan pabrik.

Semoga kreatifitas kita akan mampu menciptakan banyak barang-barang daur ulang yang bisa membawa berkah buat orang banyak dan buat kelestarian lingkungan kita.

Kontributor : Fortunata I.H (Cantate Choir)

Comments are closed.

Sponsors