Tag Archives: ultah

Reformasi di akhir Januari

Bulan Januari di Tahun Baru ini ternyata memunculkan satu cerita penting mengenai perjalanan Cantate Choir yang telah melewati 11 tahun karyanya.  Seperti tahun-tahun sebelumnya, tugas perdana Bhakti Liturgi di Bulan Januari selalu kami manfaatkan sebagai ajang syukur atas ulangtahun kami. Kebetulan, di Januari ini Cantate mendapat giliran tugas pada tanggal 29 Januari 2017.

Awalnya, Cantate berencana akan menyanyikan lagu-lagu Nuansa Nusantara karena memang Seksi Liturgi telah menetapkan bahwa Lagu-lagu Koor setiap minggu ke-5 adalah yang bernuansa Nusantara.  Namun, ternyata 2 minggu sebelum hari H, Pastor Paroki yaitu Rm Antonius Suyata MSF menhimbau agar seluruh lagu-lagu Misa di tanggal 28 & 29 Januari bernuansa Mandarin karena ternyata bertepatan dengan Hari Raya Imlek. Akhirnya, dirombaklah lagu-lagu yang telah disusun sebelumnya, digantikan dengan lagu-lagu bernuansa Mandarin.

Berikut adalah lagu-lagu yang kami nyanyikan :

daftar lagu-170129

Pukul 10.00 kami sudah siap di Panti Koor dengan mengenakan baju merah dimana beberapa di antaranya sengaja memakai baju model cheongsam.

blog-170129-01

Syukur pada Tuhan, meski hanya sempat latihan 4x, kami mampu menyajikan suara-suara kami dengan baik diiringi organist setia kami, Mb Dewi dibantu oleh Bobby sebagai gitarist & Jessica penabuh Drum. Memang sih ada beberapa lagu yang agak ragu di awal seperti Kudus & Anak Domba Allah, tapi secara keseluruhan semuanya berjalan lancar, kompak dan indah.

blog-170129-02

Begitu selesai menyanyikan lagu penutup Gema Cantate – Penziarahan Iman, umat yang hadir spontan memberikan applaus pada kami. Thanks God, semoga pelayanan kami ini mampu menggiring umat pada doa yang khusuk dan kidmat!

blog-170129-03b2

Usai Misa yang dipimpin Rm Budi MSF, kami beriringan ke R.Martinus untuk merayakan ultah kami secara sederhana yang dikoordinir oleh Ardo, Harvey & Gita.

Jam 12, acara diawali dengan doa yang dipimpin mas Agung.

blog-170129-04a1

Setelah doa, kami diajak berdiri melingkar untuk melakukan  peregangan atau bhs kerennya ice breaking. Ha? Belum apa-apa sudah harus dicairkan ya? Maklumlah habis tugas tadi kita kan mesti beres-beres ruangan, nata kursi  & nata konsumsi, jadi belum mulai sudah capek duluan. Mungkin maksud acara ini biar kita lebih bersemangat dan gak pada tegang ya? Lumayan sih, bisa ketawa-ketawa sambil olahraga. Hahahaaa….!!

blog-170129-04b

Selanjutnya, sambutan Ketua Cantate (mas Broto) dilanjutkan sambutan sie peribadatan Paroki (pak Martinus Sumardi).

blog-170129-05

Lalu tiup lilin. Kali ini, yang kebagian meniup adalah anggota & anggota keluarga yang berulangtahun di bulan Januari. Kebetulan, ada 3 generasi yaitu Ibu Wahyu, Agnes (istrinya Willy) serta Stella (putri pasangan mas Ir + mb Nuning).

blog-170129-06

Acara selanjutnya permainan, berupa karaoke sambil nggendong 4 balon dengan diserang lawan yang siap meletuskan balon dengan jarum. Siapa yang balonnya paling lama utuh dialah pemenangnya.

Yang pertama tampil adalah mb Nuning, wakil sopran dengan lagu “Abang Tukang Baso”. Ternyata doi hanya bertahan 1 bait nih…!!

Yang kedua : Willy, wakil Tenor –> kelarnya lebih cepat daripada Sopran karena terlalu fokus baca teks “Hampa”-nya Ari Lasso.

Yang ketiga : Susi, wakil Alto —> pakai gaya-gaya ngigel tapi lumayan lama juga, kelarnya hampir separo lagu “Kopi Dangdut”.

Terakhir : Mas Heri, wakil Bass  yang menyanyikan lagunya Stinky. Yang ini sengaja didiemin agak lama, soalnya suaranya enak sih.  Sialnya, saking bersemangatnya para lawan main hendak meledakkan balonnya,  maka paha mas Heri sampai tertusuk jarum. Dan… bubar sudah permainan ini. Haahahahaaa….!!

blog-170129-07

Lalu, acara makan siangpun berlangsung. Puji Tuhan dapat sumbangan dari beberapa keluarga anggota Cantate, sehingga Kas kamipun nyaris tidak tersentuh. Makasih yaaaaa buat semua Donatur … nasi padangnya enak, aquanya seger dan kue tart nya juga yummy !! sluurpp…. nyam..nyam..nyammm…!!

Selanjutnya…… Ini dia yang baru dan beda :

Merujuk pada kata sambutan mas Ketua bahwa beliau sudah terlalu lama menjabat (10 tahun lho …… bayangkan!! hampir menyamai rekor pak Harto era orba kan?), maka dibentuklah komisi pemilihan khusus dengan koordinator mas Heri untuk menyiapkan regenerasi alias Ketua baru yang lebih muda. Bukan lantaran pengurus lama sudah pada uzur atau bulukan atau jamuran, tapi memang kita ini butuh wajah dan tenaga baru nan segar penuh semangat untuk lebih memajukan Cantate. Apalagi, sekarang ini mas Ketua kita adalah ketua Seksi Liturgi Paroki yang  seharusnya bisa bersikap netral pada semua pelayan liturgi dan pastinya akan disibukkan urusan Paroki. Naaahhh, berbekal pertimbangan tsb, diadakanlah rapat kilat serta pemilihan super cepat.

blog-170129-08

Bukan berarti kita lantas asal-asalan memilih lho, tapi sebenarnya bidikannya sudah lama berjalan, ditimbang, dianalisa dan dinilai. Dan hasilnya adalah : terpilih ketua baru kami yaitu : Ardo, dengan tetap didampingi mas Slamet sebagai dirigen/ pelatih serta mb Dewi sebagai organist.

blog-170129-10

Usai pemilihan ketua baru, ada sedikit speak-speak dari wakil anggota seputar pesan dan kesan. Setelah itu bersama-sama kami melantai dengan goyang “Gemufamire” dipimpin mbak Dewi.

blog-170129-09b

Cukup menyenangkan meskipun goyangan kami ngalor ngidul tabrak sana sini. Hahahaaaa….!!

blog-170129-09a

Sekitar pukul 14.00 acarapun disudahi. Semua kenyang, semua senang.

Congrats buat Ardo, semoga Cantate makin maju dan berkembang di bawah komandomu! Kepinginnya sih Cantate bisa menarik  anggota2 yang lebih muda, energik, kreatif dan bersuara lebih bening dibanding pendahulunya. Jadi, jangan takut untuk menjabat dan melakukan reformasi, majulah terus demi kemajuan Cantate!! Kita pasti dukung!!

Viva Cantate!! (fih)

11 JANUARI, 11 TAHUN TELAH LALU ……

11 Januari adalah tanggal istimewa buat Cantate Choir. Betapa tidak! di tanggal itu, 11 tahun yang lalu… Cantate Choir terbentuk dengan hanya beranggotakan beberapa gelintir orang. Tertatih-tatih kami membangun kelompok ini, menjaganya, melindunginya dan menjalani suka duka di dalamnya.

Satu demi satu anggota masuk, satu demi satu anggota keluar, cuti, masuk lagi, silih berganti. Dan kini, 11 tahun kemudian, kelompok ini beranggotakan tidak lebih dari 30 orang aktif. Tapi kami tetap pada komitmen kami : memberikan pelayanan yang terbaik melalui suara-suara kami untuk sesama, terlebih untuk Tuhan.

Meski telah lebih setengah tahun kami absen dari blog, kami tetap ada. Kami masih beraktifitas, dan masih giat melayani tanpa pamrih.

Mau tahu beberapa kegiatan kami selama masa vakum di dunia maya ini? Coba simak!

Di bulan Juni, ada 2 kegiatan besar yang kami lakukan yaitu :

  • 4 Juni 2016 : Mengisi acara Green Sunday yang diadakan Gereja Keluarga Kudus (GKK) Paroki Rawamangun dengan pementasan ketoprak humor “Mbangun Desa” berisi himbauan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Acara ini  dimotori oleh Seksi Lingkungan Hidup Paroki Rawamangun.

C-20160604-1

C-20160604-WA0106

C-20160604-WA0108

  • Gathering keluarga 18-19 Juni 2006 di Ciawi, diikuti sekitar 60 peserta, dengan acara yang menarik, seru, heboh dan menyenangkan.

C-20160618-1

C-20160618-2

C-20160619-2

Juli : Tugas rutin Bhakti Liturgi di GKK

Agustus : Acara 17-an di halaman Gereja dengan aneka lomba (Sepakbola memakai sarung, lari kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, makan krupuk)

C-20160817

September, Oktober, November : Latihan rutin, mengisi Bhakti Liturgi di GKK & Tugas manten

C-20161019

C-20161001

C-20161127-2

C-20161127

C-20161125

Desember : Bhakti Liturgi & Kumpul-kumpul evaluasi tugas 2016 :

C-20161204

C-20161210

Bagai lagu Gigi yang mengatakan :

Sebelas Januari bertemu, menjalani kisah cinta ini
Naluri berkata engkaulah milikku
Bahagia selalu dimiliki
Bertahun menjalani bersamamu
Kunyatakan bahwa engkaulah jiwaku

maka tetaplah bertahan dan pupuk semangatmu, wahai Cantaters!!

Mari jaga cintamu pada Cantate dalam jiwamu, mari bangun Cantate agar semakin berkembang dan mari warnai pelayanan kita pada Tuhan & sesama dengan penuh sukacita, agar berkatNya makin berlimpah pada kita semua.

Selamat ulangtahun Cantate Choir ke 11…!! (fih)

 

10th CANTATE CHOIR : Semakin Melayani, Semakin Rendah Hati

Tahun ini, tepatnya 11 Januari 2016, Cantate Choir genap 10th menjalani peziarahan imannya. Berkenaan dengan 1 dekake tsb, tgl 30 Januari 2016 yang lalu Cantate merayakan ulangtahunnya dengan sederhana.

Sore jam 17.00 kami melayani Bhakti Liturgi dengan diiringi orkes kecil pimpinan sdr. Putra yang sebagian besar anggotanya adalah eks Seminaris Wacana Bhakti Jkt, kemudian seusai Misa kami berpesta sederhana di Aula Betlehem.

Mau tahu kayak apa serunya? Singkat saja ya….!! Yang mau lihat video pas lagi di Gereja bisa buka youtube dengan tag Cantate Choir Rawamangun” klik di: https://youtu.be/kyJqIB31CIU

Ini adalah foto pas Misa tgl 30 Jan’2015.

10th-02 misaIni para pemusiknya, iringannya keren abis…. top bingits sampe merinding ndengerinnya:

10th-03 misa

Misa dipimpin Rm Tony MSF .

10th-01 misa

Ini saat menyanyikan “Bapa Kami”  karangan Putut P. :

10th-14 misa Setelah Misa, kami berfoto bersama :

10th-04 misaIni foto pemusiknya :

10th-05 misaYang ini gabungan Koor & pemusik :

10th-06 misaSatu lagi :

Cieee……. Happy Birthday Cantate !!

10th-07 misaDari Gereja kami berbondong-bondong pindah ke Aula Betlehem untuk merayakan ulangtahun secara sederhana. Nah… seperti ini perayaannya di Aula Betlehem:

Ini sebagian tamu undangan :

10th-11 acara

Ada sambutan Koordinator , ada pemutaran video klip Ultah 10th Cantate……

10th-08 acara

Terus Tiup Lilin kue ultah sumbangan Ibu Lina – PS Emanuel.:

10th-12 acara

Lalu puncaknya adalah “Lipsing Combat” dgn judul “Cantate in dangdutz…”. Dari yang malu-malu sampai yang malu-maluin semuanya ada.

Ini kelompok S1+T1 dengan lagu “Sakitnya tuh di sini”:

10th-13 acara

disusul oleh Alto + Organist dengan “Goyang Dumang” yang energik dan rada sexy gerakannya:

10th-15 acara

Lalu S2+T2 dengan  “1 jam saja”.

Lihat lah Ms Ardo yang berlenggok-lenggok genit laksana cewek ABG di tengah-tengah Ibu2 cantik nan gemulai. hiii…… nggemesin banget deh bikin teman2 sebelahnya gak bisa menahan tawa.

10th-16 acara

Kemudian Bass dengan lagu “Gadis atau Janda” yang cukup mengocok perut. Betapa tidak, lihat saja dandanannya. Ada yang menggendong kendang layaknya bayi, ada yg bawa kamera bak kameramen bingung, ada yang pake celana pendek kayak anak ABG, pokoknya gila abis….. MC nya juga pake wig mirip roma irama kesasar. Yang paling kocak adalah Elvie SuSlamete yang nampak malu-malu (in) dengan cadarnya yang aduhaiii…..

10th-19 acara

dilanjutkan Tenor yang gak dapet kelompok dengan lagu Sambalado :

10th-17 acara

Lipsing Combat ditutup dengan penampilan spontan anak-anak Cantate dengan Bang Jali yang dimotori Jessica & Tyas.

10th-20 acara Selesai penampilan anak2, Romo Tony yang baru datang karena harus melayani Pengakuan Dosa  anak-anak misdninar memberikan sambutannya. Selain mengucapkan selamat Ulangtahun, beliau juga berharap CAntate Choir akan terus ada hingga puluhan tahun, hingga generasi ke-2, ke 3 dst sampai selamanya.  Beliau menyambut gembira adanya inisiatif Cantate dalam memberikan warna baru pada Perayaan Ekaristi dengan menghadirkan orkestra.  Beliau berharap, untuk selanjutnya Cantate bisa selalu melakukan pembaruan-pembaruan pemilihan lagu misalnya menghadirkan nuansa keroncong, nuansa klasik atau nuansa Nusantara yang lain agar menarik minat umat yang lain.

10th-18 acara

Setelah acara puncak selesai, lalu ada kado silang yang dipandu dengan cara mengocok kartu Remi. Hasilnya seperti ini: Semua senang…. semua gembira!

10th-10 acara

….. dan yang pasti semua kenyang karena ada makan-makan beraneka hidangan yang tentu saja tak lepas dari kebaikan hati para Donatur dan anggota.

Akhirnya, kira-kira pukul 21.00 acara ditutup dengan berkat Romo Tony dan tak ketinggalan adalah foto bersama :

10th-09 acara

Mungkin belum banyak hal besar yang pernah dilakukan Cantate Choir, tapi Cantate  akan terus berusaha memberikan yang terbaik dalam pelayanannya. Sesuai dengan tema ultah 2016 ini : “Makin melayani, makin rendah hati”, maka mari melayani Tuhan dengan tetap rendah hati! Bersama-sama kita pasti bisa!!

Selamat Ulang Tahun Cantate Choir! (fih)